The Owner

My photo
Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia
Hi! Welcome to Gristia's whole world. I'm 18, a student who majoring statistics, traveler in part time, teenager in full time. More about me? Let's be friend just contact me on my web. Enjoy ;)

Wednesday, March 9, 2016

Temajuk Trip

Temajuk adalah nama sebuah desa yang terletak di kecamatan Paloh kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.
Temajuk ini disebut sebut sebagai surga di ekor kalimantan karena keindahan dari desa ini.
Temajuk juga terletak di perbatasan RI-Malaysia.
Oke itu uraian singkat seputar Temajuk.

Kemarin (11 Februari 2016) aku, fiqri, dimas, usep, anisa, yogi, izza, alwan, dan bima pergi ke destinasi ini. Menghabiskan waktu liburan smeester genap yang hanya satu bulan.
Perjalanan kami di mulai dari pontianak sekitar pukul 08.000 WIB.
Sekitar 6 jam perjalanan menuju sambas karena sempat berhenti di tepi jalan untuk berteduh karena saat itu memang sedang musim hujan. Karena sampai di sambas sore, kami memutuskan untuk menginap dirumah keluarga ku yang terletak di jantung kota sambas. Fyi, sambas ke temajuk memakan waktu dan tenaga yang ekstra jadi bagi kalian yang ingin kesana, siapkan segala nya matang matang ya!

Besok paginya kami bersiap siap untuk ke destinasi utama kami.
Yap, diantar sepupu ke jembatan kartiasa. Jalannya sangat menantang guys
Rusak parah sehingga yang pake motor harus bener bener waspada ban bocor.
Bawa motor juga gak bisa ngebut.
Lurus saja dari jembatan kartiasa sampai ketemu plang "Penyebrangan Kubung" di sebelah kanan. Nah disitu adalah penyebrangan pertama kita.

Nyantai malem di sambas sebelum besok nya siap tempur di jalan menuju temajuk wkwk

Penyebrangan

Di atas motor air buat nyebrang. Kira kira ongkos nyebrang 10ribu/motor

Setelah sampai di sekura, kita dijemput sama sani (temen kampus) yang memang lagi pulang kampung disana. Kita diantar ke tanah hitam, ke kediaman izza (temen kampus yang juga mau ke temajuk) buat numpang istirahat dirumahnya :D
Dari sambas ke paloh (tanah hitam) kira kira 3 jam.


Di depan rumah izza

Fyi, paloh ini terkenal dengan daerah mistis nya. Jadi kalo ngomong atau bertutur kata yang baik baik ya, jangan takabur ataupun berkata kotor/kasar. tetep jaga attitude di kampung orang ;)
Setelah nyampe paloh tanah hitam dan beristirahat di rumah izza, kita ngelanjutin perjalanan ke temajuk nya. Mesti ke penyebrangan dulu. Kira kira 1 jam deh dari tanah hitam menuju temajuk. Tapi kita mesti nyebrang lagi dari tanah hitam ke temajuk.


Dari penyebrangan, kirakira 40km ke temajuknya. Disana jarang banget ada pemukiman penduduk, jadi lebih baik siapkan bensin pake ken ya. Karena bensin disana mahal sekali. Lebih baik bekal bensin dari SPBU kota sambas ;)
Setelah dari penyebrangan kita akan melewati semak belukar, jalannya lumayan deh.



Ini perbatasan RI-Malaysia

Fyi, di temajuk banyak banget penginapan dengan varian harga. Kalau penginapan yang kami dapat kemarin di daerah teluk atong. 350ribu/malam 2 kamar.

Gak perlu paspor untuk bisa ke sarawak malaysia. Cukup isi buku tamu yang dijaga oleh om om TNI yang ramah ramah

Disini gak ada sinyal loh ya. Jadi pas banget buat kalian yang pengen liburan tenang tanpa gadget wkwkwk



Lokasi di Batu Nenek





Pagi hari masih pada belum mandi hahaha


ikan sardin ala ala orang malaysia XD




Ini di daerah Batu Nenek







Kebun Karet Sarawak

Ini tempat tempat yang bisa kalian kunjungi di Temajuk

Sumber: google

So, Indonesia itu indah! Yuk stop menikmati Indonesia hanya dari foto, saksikan dan rasakan langsung dengan mata sendiri :D
Dimulai dari yang deket deket aja dulu, explore kalbar misalnya hahaha

Makasih banyak buat fiqri himawan yang udah mau jadi supir setia dan udah jagain selama disana. Makasih juga buat izza yang udah nebengin rumahnya buat kita nginap. Makasih buat alwan, bima, usep, dimas, yogi, dan anisa yang udah ngeramaikan dan udah bikin suasana trip jadi seru abis. Next time lagi ya! :D

Road to Tayan Bridge

Haaaaai
Kemarin tanggal 3 januari 2016 kita ke tayan
Itu loh jembatan hits terbaru ala ala anak kalimantan wkwk
Jembatan tayan ini jembatan yang menghubungkan kalimantan barat dan kalimantan tengah
Ada dua sungai disini, posisinya itu ibarat pulau di tengah sungai *ngertigak? wkwk

Jembatan ini cukup terkenal di kalangan "budak budak pontianak" hahahah
Ya karena kemarin sempet frustasi liburan gak kemana mana jadinya dadakan kesini buat nyari suasana perjalanan jauh aja hahaha 
oke edisi curhat selesai.

Tayan Bridge Contruction adalah project pemerintah yang terletak di Jalan Trans Kalimantan
Jadi kalo mau ke kalteng atau ketapang gakperlu jauh jauh lagi, tinggal lewat tayan aja
Tayan ini masuk dalam Kabupaten Sanggau
Jarak tempuh dari Pontianak ke Tayan ini kirakira 2 jam perjalanan kalo gak berhenti berhenti
Track nya juga lumayan asik loh soalnya jalannya aspal bagus disuguhi pemandangan bukit bukit dari pelupuk mata *eaaa

Denahnya kirakira dari Ayani kita ke jembatan ambawang dulu, lalu lurus aja terus dari jembatan. Sampai ketemu di bundaran, belok kanan.
Nah disitu kita udah masuk ke ambawang yaitu jalan Trans Kalimantan. Luruuuuuuuuuuuuuus aja (karena memang gak ada jalan belok nya haha) sampai 2 jam itu ya lurus aja terus.
Oh iya fyi, agak susah nemu pom bensin disini. Jadi yang mau bepergian siapkan bensin full tank aja ya.
Fyi juga, lampu jalan di sini juga belum ada, usahakan jangan melakukan perjalanan di malam hari karena gelap banget dan perjalanan juga membahayakan karena kendaraan disini laju banget truck truck juga banyak yang lewat tayan.

Pas kami pergi kesini, jembatan tayan belum diresmikan alias belum ada kendaraan yang boleh ngelewatin jembatan ini.
Katanya sih ntar bakal diresmikan sama presiden jokowi
Jembatan nya bagus sih, megah, arsitektur nya hebat. Dari sungai bisa keliatan tuh bukit bukit dan suasana yang seru kalo gak terlalu panas cuacanya.
Disini kita bisa sewa sampan, 10ribu/orang. Ntar dibawa keliling sungai deh. Seru ya (bagi yang jarang naik sampan like me wkwk)
Kalo terus terusan di review kayaknya bakal panjang deh, liat gambar aja yuk check this out
With my partner in crime (Dea dan Dini)

Dua sejoli (Susi dan Hendri)


Ini jalanannya. rame banget yang jalan jalan sore kesini mumpung ga ada kendaraan yang berlalu lalang -_-




Di perjalanan pergi, kita sempat dilanda hujan. Jadinya neduh di rumah kecil punya orang gatau punya siapa-_-



Perjalanan pulang neympatin berhenti sejenak

Sama supir setia :3





Bocoran dikit. Ini rute perjalanannya menuju tayan





Sekian review nya. Recomended buat kalian kalian yang "lagi gak ada kerjaan" kesini T_T hahaha
Soalnya banyak yang ngecap anak anak alay kesini, padahal kan gak gitu gitu juga. Ngeliat perkembangan daerah sekitar buat nambah wawasan dan pengalaman itu gak alay sama sekali kok :)

Tayan Trip, with Fiqri, Dini, Dea, Hendri, Susi. 3 Januari 2016. Berangkat jam 9 pagi sampai sore.